Nestapa di tengah asap

Nestapa di tengah asap

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada akhir September 2019 membuat banyak warga dirundung nestapa. Fotografer Greenpeace, Jurnasyanto Sukarno, memotret kondisi itu dari dekat,ia menjadi saksi rasa sakit yang mendera anak manusia.

Palembang berselimut asap

Palembang berselimut asap

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali menyelimuti kota Palembang, Sumatra Selatan, Senin pagi (14/10/2019).

Sekolah beruk

Sekolah beruk

Sebuah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Pariaman, Sumatra Barat menyelenggarakan pelatihan yang khusus untuk beruk. Dari kurikulum yang digunakan BUMD itu, beruk sebagai hewan liar dilatih sebagai tenaga pemetik kelapa yang ulung.

Di pantai kebahagiaan

Di pantai kebahagiaan

Di Bali, pantai eksotis berserak mengelilingi pulaunya. Tak perlu membayar, semua yang datang pasti menikmati sukacitanya. Selain menjadi ruang sosial bagi manusia, pantai di Pulau Dewata kerap pula menjadi tempat berinteraksi manusia dengan manusia, juga manusia dengan Tuhannya.

Sahabat yang tersisa

Sahabat yang tersisa

Bertahan melawan gerus zaman, mereka tetap setia membuat para pelanggannya tetap bergaya, meski para pemangkasnya telah berusia senja.

 Amuk di Pejompongan

Amuk di Pejompongan

Di Pejompongan, Jakarta, Senin (30/9/2019), amuk kembali terjadi dalam aksi. Massa yang kebanyakan pelajar berhadapan dengan polisi hingga dini hari. Sebanyak 20 ribu personel gabungan yang diturunkan kewalahan menghadapi massa aksi.

Keluarga Terakhir di Rejosari Senik

Keluarga Terakhir di Rejosari Senik

Di Demak, Jawa Tengah, kisah-kisah warga yang bertahan di tengah abrasi banyak berserak. Kisah-kisah itu adalah cerita tentang bagaimana manusia bertahan dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan di sekeliling mereka.

Terkatung jauh dari negeri yang dicinta

Terkatung jauh dari negeri yang dicinta

Di Amsterdam, Belanda, Sarmadji masih tinggal hingga kini. Ia adalah salah seorang dari banyak orang Indonesia yang tak bisa pulang karena kekisruhan politik pada 1965. Paspornya dicabut oleh pemerintah, dan ia pun terkatung jauh dari negeri yang dicinta.

Senayan mencekam

Senayan mencekam

Bentrokan antara mahasiswa yang melakukan aksi menolak RUU KUHP dan pengesahan UU KPK dengan polisi membuat kawasan Senayan, Jakarta, mencekam pada Selasa (24/09/2019). Pewarta foto Beritagar Wisnu Agung Prasetyo mengabadikan peristiwa itu.

Perempuan dan kopi

Perempuan dan kopi

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia, budaya minum kopi sudah bukan barang baru lagi. Jika dulu secangkir kopi amatlah identik dengan para lelaki, kini kaum hawa pun mulai senang menikmati.

Asap yang tak kunjung hilang

Asap yang tak kunjung hilang

Sejak 1 Agustus hingga 14 September 2019, sebanyak 151.862 titik api muncul. Masyarakat di Kalimantan dan Sumatra menjadi yang paling terdampak dalam bencana tahunan ini.

 Cio Tao, tradisi pernikahan ala Manchu

Cio Tao, tradisi pernikahan ala Manchu

Walaupun sudah enam ratus tahun tinggal di kawasan tepi Sungai Cisadane, masyarakat Tionghoa Benteng tetap mempertahankan tradisi Cio Tao. Tradisi itu dibawa nenek moyang mereka yang berasal dari suku Manchu.

Gerbang laut yang kini miskin dan kumuh

Gerbang laut yang kini miskin dan kumuh

Gampong Jawa yang letaknya di kecamatan Kutaraja, Banda Aceh merupakan wilayah kota Kerajaan Aceh Darussalam. Kini kawasan itu lebih dikenal sebagai kawasan miskin dan kumuh. Padahal dulu Kampung Jawa masyhur di kalangan para pengelana laut.

Menjadi Bali kedua

Menjadi Bali kedua

Kawasan Pantai Pangandaran di Jawa Barat mulai berbenah. Mendapat gelontoran dana dari Provinsi Jawa Barat, kawasan itu tengah ditata menjadi kawasan wisata berkelas dunia.

Beratnya rindu para pencari suaka

Beratnya rindu para pencari suaka

Bertahun-tahun para pengungsi yang datang dari sejumlah negara konflik tinggal di Indonesia tanpa harapan. Berharap memperoleh negeri harapan mereka justru terdampar tanpa nasib yang jelas. Ada kerinduan dalam hati mereka akan tanah air yang ditinggalkan.

1 dari 53 halaman