Nadi hidup bernama Furui

Puruih atau Furui sejak lama telah menjadi nadi bagi kota Padang. Disematkan oleh masyarakat Nias yang dahulu menetap di kawasan itu, Puruih adalah pantai yang ombaknya bergulung, berirama keras dan memberi nyawa kota itu.

Riwayat Tana Rongkong

Berada di antara gunung-gunung, Tana Rongkong menyimpan banyak kisah yang belum sampai ke permukaan. Salah satunya yang terjadi di Rinding Allo.

Mengais rezeki lewat takjil berbuka

Ramadan bukan hanya menjadi waktu terbaik bagi umat Islam beribadah. Di bulan suci ini, banyak juga warga yang menjadikan Ramadan sebagai waktu terbaik untuk mencari rezeki. Di Medan, Sumatra Utara, Andri Ginting memotret mereka yang mengais rezeki di bulan Ramadan yang suci.

Pencari harta karun Kerajaan Melayu

Sungai Siak yang melintas di tengah Kota Pekanbaru, Riau, dipercaya masih menjadi tempat harta karun Kesultanan Siak Inderapura tercecer di dasarnya. Yakin dengan hal tersebut, sejumlah orang di Rumbai Pesisir sengaja memilih menjadi pencari harta karun.

Menunggu waktu di Pulau Buru

Di Pulau Buru, dua belas ribu tahanan politik pernah mendiami kawasan itu. Hampir semua dari mereka adalah orang-orang yang dianggap terkait dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Ketika dinyatakan bebas, banyak tahanan pulang ke Pulau Jawa, tapi ada juga yang memilih tinggal di Pulau Buru.

Kebangkitan batik Lasem, pusaka pesisir utara Jawa

Sebagai produk akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa, batik di kota Lasem, Jawa Tengah, menjadi warisan ternama. Sudah sejak pertengahan abad 19, batik Lasem menjadi komoditas bisnis yang menguntungkan, membuat kota di pesisir utara Jawa itu disebut sebagai kota batik terbesar di Hindia Belanda.

Sambut Ramadan tiba

Datangnya bulan Ramadhan 1440 H disambut dengan gempita oleh umat Islam di Nusantara. Berbagai kegiatan pun dilakukan demi bulan suci yang disebut sebagai waktu terbaik untuk beramal dan berdoa.

Yang tertatih melawan zaman

Di atas aspal kota Yogyakarta, bunyi andong adalah irama khas. Tapi kini irama itu mulai tergilas oleh modernitas. Andong yang sempat berjaya dan menjadi penghias kota itu pun perlahan hilang, dan yang tersisa terseok melaju melawan zaman.

Demi hidup yang mesti diperjuangkan

Akibat gagal ginjal yang disebabkan oleh hipertensi, Irfan Wijaya harus menjalani proses cuci darah. Hingga hari ini, pria yang genap berusia 30 tahun itu telah menjalani metode hemodialisis selama dua belas tahun agar dapat hidup dan menyambung harapan bersama orang-orang yang disayangi.

Dua cahaya di kolong tol yang gelap

Di perkampungan kumuh nan padat, jejak dua perempuan kembar yang mengabdikan dirinya untuk mendidik anak-anak di kawasan kumuh Lodan, Ancol, Jakarta, selalu diingat oleh warga di sana. Tak hanya menanamkan ilmu pada mereka, kehadiran dua wanita ini juga menjadi penerang di tengah gelapnya harapan.

PEMILU 2019

Yang rapuh turut memilih

Keputusan pemerintah yang memberikan hak politik kepada penyandang disabilitas mental disambut baik, terutama di Panti Bina Laras , Cipayung, Jakarta Timur. Pada Rabu (17/04/2019), warga binaan yang ada di tempat itu turut serta dalam pemilu yang digelar serentak di negeri ini.

PEMILU 2019

Sukacita demokrasi ala orang Indonesia

Demokrasi dirayakan masyarakat Indonesia dengan caranya. Di tempat- tempat pemungutan suara, nilai-nilai Indonesia ditampilkan sebagai sebuah identitas. Tak cuma pakaian tradisional, kostum ala tokoh komik dunia pun dikenakan untuk menyambut Pemilu 2019 yang penuh kegembiraan.

Bergiat sambut pesta demokrasi

Rakyat Indonesia bergiat menyambut Pemilu 2019 yang akan berlangsung pada Rabu (17/04/2019). Kesibukan terjadi di seluruh negeri, dari mengantar logistik pemilu, menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) hingga melakukan sosialisasi untuk ikut andil memilih pemimpin negeri.

Kesatria cilik di lintasan balap

Di atas gokart para pebalap cilik menekan pedal gasnya dan melesat kencang. Terpacu dengan kecepatan, mata mereka yang tajam selalu menatap lintasan dan sesekali melirik lawannya. Di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, aksi mereka menjadi gambaran masa depan balap Indonesia.

Sampah demokrasi yang tercecer

Menjelang perhelatan besar demokrasi, keberadaan alat peraga kampanye (APK) telah ramai terpasang di setiap sudut kota tanpa terkecuali. Sayang keberadaan poster-poster dan baliho kampanye yang memampang wajah-wajah penuh senyum itu justru menjadi sampah.

Demi sepatu dari kulit ular

Ular bagi banyak orang menjadi hewan yang menakutkan. Tapi tidak bagi mereka yang menyandarkan hidupnya dari perburuan hewan berbisa itu. Meski harga tak lagi tinggi, perburuan ular sampai saat ini masih saja diminati.

Mengadu nasib di lahan yang sempit

Meski lahan pertanian di Jakarta amatlah sempit, bertani bukanlah hal yang mustahil. Memanfaatkan lahan yang sedikit, bertani menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang terjebak ketika mengadu nasib.

Merawat warisan Kampung Naga

Kampung Adat Naga di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat berada di dataran tinggi yang subur. Diwariskannya lahan pertanian oleh para leluhur, membuat msyarakat Kampung Naga hidup makmur.

Ironi di Nusa Penida

Sebagai pulau kecil yang posisinya berada di ujung tenggara Pulau Bali, Nusa Penida adalah mutiara baru yang digadang-gadang menjadi tujuan baru bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana lain dari Bali. Namun, kedatangan wisatawan ke pulau itu justru mendatangkan ironi.

Beta Maluku

Tiga minggu lamanya Agoes Rudianto menjejakkan kakinya di negeri Belanda. Menjalin hubungan dengan orang-orang Maluku yang ada di sana, ia mengabadikan kehidupan mereka yang jauh dari tempat leluhurnya lahir dan berdiam.

1 dari 50 halaman