Sitaro, taman surga di Nusa Utara

Siau Tagulandang Biaro atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sitaro, adalah kabupaten kepulauan yang ada di Sulawesi Utara. Selain dikaruniai laut yang kaya, Sitaro adalah rumah bagi para pelaut ulung yang tanahnya subur penghasil buah pala.

Gawai pintar di tangan manusia

Kemajuan telepon genggam benar-benar mempengaruhi kebiasaan orang di lingkungan sosialnya. Hampir setiap detik, produk teknologi itu tak pernah jauh dari tangan pemiliknya. Di Medan, Sumatera Utara, pewarta foto Andri Ginting mengabadikan banjirnya pengguna telepon genggam.

Terguling di Kebon Pedes

Tiga gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) jurusan Jatinegara-Bogor anjlok dan nyaris terguling di lintasan Kebon Pedes pada Minggu (10/03/2019). Selain belasan orang terluka, peristiwa itu mengakibatkan lalu lintas kereta dari arah Jakarta menuju Stasiun Kota Bogor terganggu.

Saat rumah tak lagi teduh

Suku Anak Dalam hidup bersanding dengan alam berabad-abad lamanya. Di sepanjang hijaunya hutan Bukit Barisan, Sumatera, mereka mengembara. Tapi sayang, kini mereka terpinggirkan oleh hutan sawit yang semakin luas.

Lima hari menaklukan samudera

Menerjang ombak, melintas samudera, kegigihan pelaut-pelaut Bugis dengan kapal pinisinya tak perlu diragukan lagi keandalanya. Syamsudin Ilyas menyaksikan ketangguhan mereka dalam pelayaran dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta menuju Pontianak, Kalimantan Barat.

Sang pemanah yang menjaga budaya Jawa

Kecintaan seorang bapak akan Jemparingan (seni memanah) ditularkan dengan penuh cinta pada anaknya.Tak hanya untuk merawat budaya, langkah itu juga dilakukan sebagai upaya melindungi sang anak dari kemajuan teknologi gawai yang saat ini telah menepikan nilai-nilai tradisi dan warisan budaya.

Hong Kong kecil di bumi Borneo

Kota Singkawang di Kalimantan Barat menjadi satu wilayah di Nusantara yang hampir seluruh penduduknya keturunan Tionghoa asli. Pada Rabu (20/02/2019), fotografer Hariandi Hafid mengabadikan geliat kota itu yang kerap disebut Hong Kong kecil di tanah Borneo.

Wartawan cilik di pesisir Jakarta

Anak-anak di Cilincing, Jakarta Utara, kini tak hanya mengenal kehidupan laut dan angin utara. Di tengah keterbatasan, mereka tumbuhkan semangat mengenal dunia. Fotografer magang Beritagar, Wandha Saphira mengabadikan kegiatan anak-anak nelayan yang belajar menjadi jurnalis di pesisir.

Lutung kelabu di jalan berdebu

Seekor lutung, atau monyet daun perak (Trachypithecus cristatus) menemani sekelompok anak-anak Vespa Gembel yang tengah melakukan perjalanan lintas Sumatera pada awal Februari 2019 lalu.

Yang dulu merah

Saat konflik di Aceh masih berlangsung, Cot Seutui di Buloh Bereughang, Aceh Utara dikenal sebagai kawasan merah. Menjadi basis simpatisan Gerakan Aceh Merdeka, di kawasan itu kerap terjadi baku tembak. Pada Kamis (14/02/2019), Raudhatul Jumala memotret kampungnya yang saat ini telah berubah.

Romansa di Sampoiniet

Di Sampoiniet, Aceh Jaya, Aceh, awal Februari 2019, keakraban gajah dan pendampingnya terabadikan mesra. Meski begitu, rasa waspada tetap saja menjadi landasan.

Madras

Sudah sejak abad ke-18, orang-orang India Tamil ada di Medan, Sumatera Utara. Mendiami kawasan bernama Madras, keberadaan mereka turut membentuk kemajemukan kota itu sampai sekarang.

Adu bagong sembunyi-sembunyi

Sempat menjadi kontroversi, adu bagong yang kerap berlangsung di sejumlah kabupaten di Jawa Barat, masih tetap berlangsung hingga kini. Dilakukan secara sembunyi-sembunyi, adu hewan itu kerap dianggap sebagai sebuah tradisi.

Pengharapan menyambut Tahun Babi Tanah

Kemeriahan menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2570 terlihat di sejumlah kota di Indonesia. Di Kelenteng dan Vihara, keberkahan dan kemudahan rezeki menjadi harapan yang dipanjatkan oleh masyarakat Tionghoa menyambut Tahun Babi Tanah.

Nadi Jakarta yang terbentuk oleh huru hara

Petak Sembilan selalu saja diingat bila datang tahun baru Imlek tiap tahunnya. Menjadi bagian dari sejarah Jakarta, perkampungan yang terdapat di kawasan Glodok, Pancoran, Jakarta Barat itu adalah kawasan pecinan pertama yang dihuni oleh orang-orang Tionghoa korban huru hara di masa lampau.

Demam berdarah yang mengancam

Indonesia ditetapkan sebagai negara dengan kasus DBD tertinggi kedua setelah Brasil. Pada 2018, tercatat puncak kasus demam berdarah mencapai 204 ribu. Di musim hujan, penyakit itu menjadi ancaman. Terbukti, saat ini sejumlah daerah tengah menghadapi wabah.

Geliat menyambut babi tanah

Perayaan Tahun Baru Imlek 2570 segera tiba. Masyarakat keturunan Tionghoa di sejumlah daerah mulai sibuk bersiap menyambut kedatangan tahun babi tanah.

1 dari 49 halaman