Asap yang tak kunjung hilang

Asap yang tak kunjung hilang

Sejak 1 Agustus hingga 14 September 2019, sebanyak 151.862 titik api muncul. Masyarakat di Kalimantan dan Sumatra menjadi yang paling terdampak dalam bencana tahunan ini.

 Cio Tao, tradisi pernikahan ala Manchu

Cio Tao, tradisi pernikahan ala Manchu

Walaupun sudah enam ratus tahun tinggal di kawasan tepi Sungai Cisadane, masyarakat Tionghoa Benteng tetap mempertahankan tradisi Cio Tao. Tradisi itu dibawa nenek moyang mereka yang berasal dari suku Manchu.

Gerbang laut yang kini miskin dan kumuh

Gerbang laut yang kini miskin dan kumuh

Gampong Jawa yang letaknya di kecamatan Kutaraja, Banda Aceh merupakan wilayah kota Kerajaan Aceh Darussalam. Kini kawasan itu lebih dikenal sebagai kawasan miskin dan kumuh. Padahal dulu Kampung Jawa masyhur di kalangan para pengelana laut.

Menjadi Bali kedua

Menjadi Bali kedua

Kawasan Pantai Pangandaran di Jawa Barat mulai berbenah. Mendapat gelontoran dana dari Provinsi Jawa Barat, kawasan itu tengah ditata menjadi kawasan wisata berkelas dunia.

Beratnya rindu para pencari suaka

Beratnya rindu para pencari suaka

Bertahun-tahun para pengungsi yang datang dari sejumlah negara konflik tinggal di Indonesia tanpa harapan. Berharap memperoleh negeri harapan mereka justru terdampar tanpa nasib yang jelas. Ada kerinduan dalam hati mereka akan tanah air yang ditinggalkan.

Melihat Jayapura yang berangsur tenang

Melihat Jayapura yang berangsur tenang

Setelah aksi massa menolak rasisme yang berujung rusuh, kondisi Kota Jayapura, Provinsi Papua telah berangsur angsur tenang. Agar tak kembali dilanda kerusuhan, ribuan aparat gabungan TN -Polri ditugaskan untuk menjaga keamanan.

Kawin silang anjing jagoan

Kawin silang anjing jagoan

Di selatan Jawa Barat, ternak anjing petarung bisa menghasilkan banyak uang. Mengandalkan teknik kawin silang, lahirlah anjing berjenis terpit pemberani yang harganya mahal. Bukan cuma dijual untuk bertarung, anjing terpit juga kerap dicari sebagai anjing pemburu yang jagoan.

Mereka melawan api

Mereka melawan api

Ribuan personil gabungan saat ini masih berupaya memadamkan api dari kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau. Tak peduli udara panas karena cuaca dan bara api, mereka terus berjaga dan melakukan pemadaman.

Praoe Lajar Yang Terus Berlayar

Praoe Lajar Yang Terus Berlayar

Di tengah gempuran modernitas, pabrik rokok Praoe Lajar di Semarang, Jawa Tengah tetap mempertahankan cara-cara tradisional untuk melinting rokoknya. Tak menggunakan mesin, tiga ratus buruh linting dipekerjakan di pabrik yang rokoknya kerap disebut sebagai rokok kegemaran para nelayan.

Unjuk otot pegawai jebor

Unjuk otot pegawai jebor

Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, unjuk otot buruh jebor di Jatiwangi, Jawa Barat berlangsung penuh aksi. Tak seperti kontes binaraga profesional, kontes otot para pegawai jebor ini dikuti oleh mereka yang badannya kerempeng.

Semangat merdeka dalam geliat lomba

Semangat merdeka dalam geliat lomba

Perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 disambut gembira oleh seluruh rakyat. Bukan cuma upacara bendera yang diikuti dengan penuh semangat, gelaran lomba pun diikuti masyarakat yang bergeliat.

Riau terkepung asap

Riau terkepung asap

Status siaga darurat karhutla di Provinsi Riau sudah ditetapkan sejak Februari lalu. Kini, kebakaran hutan dan lahan di kawasan itu amat parah terjad. Presiden Joko Widodo pun malu pada negara-negara tetangga yang terpapar dampaknya. Terjadi setiap tahunnya, masalah ini tak ada ujung pangkalnya.

Orang Tengger dalam pelukan adat

Orang Tengger dalam pelukan adat

Orang Tengger adalah keturunan pengungsi Majapahit. Hidup di Dataran Tinggi Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur, dulunya mereka hidup mengisolasi diri. Beragam budaya telah merasuk ke dalam hidup masyarakatnya. Namun dengan modal toleransi, mereka justru hidup dengan penuh welas asih.

 Sebuah hidayah kembali ke Merah Putih

Sebuah hidayah kembali ke Merah Putih

Di Deliserdang, Sumatra Utara, seorang mantan teroris mendirikan pesantren yang santri-santrinya adalah anak-anak dari para mantan pelaku teror di negeri ini. Dinamai Al-Hidayah, pesantren ini menjadi tempat kembali para santri memaknai identitas mereka yang mencintai Merah Putih.

Rintik rindu Adrian Yunan

Rintik rindu Adrian Yunan

Selama dua hari pada awal Agustus 2019, fotografer Raudhatul Jumala mengabadikan keseharian pemain bas Efek Rumah Kaca yang kini menjadi suara bagi penyintas disabiltas netra.

1 dari 53 halaman