Deposito bank lari ke ORI015

Ada indikasi pemerintah akan agresif menerbitkan instrumen SBN ritel untuk menyedot dana rupiah dari masyarakat (perbankan). Karena itu perbankan perlu melakukan perubahan strategi dalam memupuk dana.

Jaklingko nama baru angkot

Membuat pengendara mobil dan motor beralih ke transportasi umum memang tak mudah. Gubernur Anis mewarisi tata kota yang berkembang tidak mengikuti aturan, dan sistem transportasi yang tidak terintegrasi antar-moda.

Mencari utang secara ritel

Melihat pada besarnya penawaran yang masuk melalui bank sebagai agen penjualan –untuk rupiah selalu kelebihan permintaan– minat investor ritel membeli pelbagai instrumen SBN bisa dibilang cukup tinggi. Mereka pasti tergiur dengan bunga yang ditawarkan.

Nilai tukar cermin kekuatan bangsa

Jadi menyalahkan faktor eksternal, yakni perubahan kebijakan moneter Bank Sentral Amerika, sebagai penyebab menurunnya nilai tukar rupiah juga sangat tidak tepat. Sebagian besar masalah dari kelemahan daya tahan ekonomi kita justru berada di tangan kita sendiri.

Setan bernama surplus dana tunai

Secara tidak langsung korporasi Amerika -termasuk dana pensiun dan perusahaan asuransi ini, dengan membeli SBN, sesungguhnya menjadi kreditur banyak negara berkembang untuk membiayai pembangunan mereka.

BUMN dengan lima induk perusahaan

Lepas dari masalah politik, akuisisi yang dilakukan dua BUMN itu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan BUMN melalui cara tak biasa (anorganik).Akuisisi dipercaya juga akan menaikkan efisiensi dalam bentuk perampingan organisasi korporasi, dan integrasi produksi hingga bis

TELATAH

KRL melaju bersama subsidi

Dengan PSO 2018 yang angkanya lebih rendah dari tahun lalu, direksi PT KCI memperkirakan PSO itu hanya cukup untuk mensubsidi 295 juta penumpang. Padahal sasaran tahun ini KRL bisa mengangkut 320 juta, naik dari sebelumnya 316 juta (2017).

Berlalunya kedigdayaan rupiah

Masa digdaya rupiah sudah berlalu. Orang kini hampir tiap hari berkeluh kesah mengenai merosotnya nilai rupiah yang makin mendekati Rp15.000 per dolar Amerika.

Ekspansi kredit terganjal bunga

Pemerintah bersikap realistis dengan menyatakan pertumbuhan ekonomi pada 2018 akan sedikit terkoreksi dari perkiraan awal yang 5,02 persen. Pertumbuhan ekonomi, jika hanya bertumpu pada pertumbuhan kredit, efeknya akan lembek.

Mengapa penghasilan Megawati besar?

Agar terasa lebih berkeadilan, sudah saatnya DPR dan pemerintah membuat aturan levelingmenyangkut komponen gaji pokok, tunjangan, atau fasilitas lain yang diberikan dalam bentuk tunai atau nontunai kepada Presiden dan Wakil Presiden serta pimpinan lembaga tertinggi/tinggi negara.

Sinergi untuk bertahan

Sinergi antara raksasa perusahaan angkutan konvensional dan taksi online itu bisa dianggap teroboson dalam menyelesaikan sejumlah masalah di lapangan.

Yuan mengapa tidak?

Tiongkok telah menjadi kekuatan ekonomi kedua terkuat setelah Amerika. Karenanya, kekuatan rupiah perlu juga diukur dengan nilai tukar terhadap Yuan

1 dari 1 halaman