Misteri nama Centhini

Tokoh Centhini adalah representasi dari kawula alit yang patuh mendengarkan pitutur luhur dan kawruh yang diuraikan bangsawan-priayi.

Jawa di mata turis Barat

Rekreasi bukan sekadar kegiatan buang duit demi melunasi kebutuhan rohani dan jasmani. Ada sebongkah spirit yang bisa kita unduh adalah kesadaran membuat coretan sederhana dan jujur kala kita melancong.

Tradisi ngeteh di Jawa

Budaya ngeteh yang semula hidup di bilik rumah aristokrat, akhirnya tersebar dan berkembang di lingkungan masyarakat luas. Ia sukses menembus sekat sosial, tanpa bisa diklaim milik satu golongan.

Kepulan (sejarah) dapur keraton

Di masa silam, pewaris tertua dinasti Mataram Islam ini memiliki Dapur Utama. Ruangan ini untuk meracik bumbu dan membuat kuliner Eropa yang akan disajikan untuk raja dan tamu terhormat kala bertandang ke istana.

Kyai Rajamala, Kapal ''Titanic'' Raja Solo

Rajamala melakukan perjalanan terakhir paling jauh, yakni ke Bangkalan, Madura. Kapal membelah sungai terpanjang di pulau Jawa dengan mengusung misi politik menjemput putri Sultan Tjakraningrat atas perintah PB VII (1830-1858).

Petani di panggung sejarah

Kecerdasan petani di wilayah Klaten, dalam menaklukkan alam tanpa perlu mengeksploitasi secara berlebihan, dipaksa berubah pada masa Orba dan penjajahan Jepang.

1 dari 1 halaman