Mengambil berkah perang dagang

Kebijakan paling terlihat tertinggal adalah diplomasi ekonomi. Dibandingkan dengan negara-negara seperti Vietnam, Thailand dan Malaysia, Indonesia masih jauh tertinggal dalam menyelesaikan kerjasama blok dagang.

Catatan untuk new developmentalism Jokowinomics

Mempertahankan model new dovelopmentalism akan terus mengulangi pelambatan ekonomi empat tahun ke belakang. Celakanya kedua kandidat -baik baik Jokowi maupun Prabowo- terus mengedepankan model pembangunan yang menempatkan negara sebagai pemain utama.

Momentum reformasi ASEAN

KTT ASEAN di Singapura menjadi momentum untuk mulai menghasilkan rumusan yang konkret dan jelas agar ASEAN dapat memainkan peran penting sebagai lokomotif ekonomi global dan mampu menyejahterakan anggotanya -seperti yang diperagakan EU di awal berdirinya.

Ekonomi politik Esemka

Indonesia seharusnya fokus pada pengembangan industri otomotif nasional melalui adaptasi kebijakan yang berorientasi pada peningkatan produksi yang kompetitif di pasar internasional, seperti implementasi standar Euro 4 dan 5.

Panasea pelemahan rupiah

Terus menelantarkan pasar non-tradisional Asia Selatan dan Afrika yang mencatatkan kinerja ekonomi memukau dalam diplomasi ekonomi Indonesia jelas merupakan kesalahan.

1 dari 1 halaman