bali-baru Ilustrasi Awan
Bali Baru

Kami akan membawa Anda ke empat “Bali Baru”. Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Borobudur di Jawa Tengah, dan Danau Toba di Sumatra Utara.

Ilustrasi Image Ilustrasi Image

Pariwisata Indonesia bukan hanya Bali. Banyak tujuan wisata lain di Tanah Air yang pesona alam dan budayanya tak kalah memukau.

Dengan modal itu, sudah semestinya Indonesia bisa menjaring wisatawan. Berbekal kekayaan alam dan budaya, target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2019 pun rasanya tak muluk-muluk amat.

Itulah salah satu alasan mengapa sejak 2016, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyepakati 10 destinasi pariwisata prioritas yang akan disulap menjadi "Bali Baru". Mereka adalah Mandalika, Pulau Komodo, Borobudur, Danau Toba, Bromo Tengger Semeru, Kepulauan Seribu, Tanjung Kelayang, Wakatobi, Morotai, dan Tanjung Lesung.

Namun rencana tak selalu sesuai pelaksanaan.

Pesona Bali sulit tergantikan. Ini terbukti dari jumlah wisatawan mancanegara yang terus meningkat datang ke Pulau Dewata itu.

Pada periode Januari-September 2017 jumlah wisatawan ke Bali mencapai 3,63 juta orang, naik 916.047 orang, atau 25,17 persen, dari periode yang sama tahun sebelumnya. Jumlah total wisatawan yang berkunjung ke Indonesia pada periode tersebut mencapai 10,46 juta orang.

Artinya, 34,7 persen atau lebih dari sepertiga pelancong yang masuk Indonesia masih memilih Bali sebagai tujuan utama mereka.

Oleh karena itu, upaya untuk memperkenalkan destinasi wisata lain di Indonesia, yang sebenarnya tak kalah indah, memang tak semudah membalik telapak tangan. Fokus pemerintah, baik pusat maupun daerah, dalam mempersiapkan segala prasarana dan sarana penunjang--terutama infrastruktur--menjadi penting guna mewujudkan “Bali Baru”.

Sejak November 2017, dari 10 destinasi yang telah diumumkan, pemerintah memutuskan untuk fokus dalam pengembangan empat daerah wisata terlebih dahulu.

Lewat liputan khusus Bali Baru kami akan mengajak Anda bertandang ke empat destinasi tersebut. Mulai dari Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Borobudur di Jawa Tengah, dan Danau Toba di Sumatra Utara.

Melihat keindahan alam Bukit Merese hingga Pantai Tanjung Aan di Mandalika, berkenalan dengan penghuni Desa adat Sade. Menyelisik filosofi di balik tradisi Bau Nyale yang masih dipelihara hingga kini, sampai mencicipi kuliner dan destinasi belanja kerajinan di Nusa Tenggara Barat.

Beralih ke Nusa Tenggara Timur, kami akan mengajak Anda menikmati ragam pulau berpanorama ciamik di Pulau Komodo dan sekitarnya. Mengintip sakralnya upacara di Kampung Adat, hingga menyesap kopi dan tuak khas Flores.

Kembali ke Jawa, nantikan suguhan alternatif pilihan wisata di Borobudur dan sekitarnya. Belajar sejarah di Museum Karmawibhangga, juga mengikuti ritual Waisak, serta tradisi ruwat rawat.

Menjelang pengujung tahun, kami akan mengajak Anda ke Tano Batak. Menyambangi Pasar Tomok, dan kuburan Raja, juga menelurusri jejak peradaban suku Batak di Ambarita.

Berikut empat destinasi Bali Baru.